Tabi'ut tabi'in

Tabi'ut tabi'in atau Atbaut Tabi'in artinya pengikut Tabi'in, adalah orang Islam kawan sepergaulan dengan Tabi'in dan tidak mengalami masa hidup Sahabat Nabi. Tabi'ut tabi'in disebut juga murid Tabi'in. Menurut banyak literatur Hadis : Tab'ut Tabi'in adalah orang Islam dewasa yang pernah bertemu atau berguru pada Tabi'in dan sampai wafatnya beragama Islam. Dan ada juga yang menulis bahwa Tabi'in yang ditemui harus masih dalam keadaan sehat ingatannya. Karena Tabi'in yang terahir wafat sekitar 110-120 Hijriah. Maka Imam Syafi'i, Ahmad tidak pernah bertemu dengan Tabi'in. sehingga tidak termasuk golongan Tab'ut Tabi'in. Hanafi dan Maliki masih masuk golong ini.

Tabi'in seperti definisi diatas tapi bertemu dengan Sahabat. Sahabat yang terahir wafat sekitar 80-90 Hijriah. Hanafi yang lahir 80 hijriah tidak ketemu Sahabat karenamasih kanak-kanak, atau mungkin juga masih ketemu sahabat yang sudah sangat tua.

Tokoh-tokoh Tabi'ut tabi'in : Malik bin Anas, Al-Auza'iy, Sufyan Ats-Tsauriy, Sufyan bin Uyainah Al-Hilaliy, Al-Laits bin Saad, Abdullah bin Al-Mubaarok, Waki', Asy Syafi'I, Abdurrahman bin Mahdiy, Yahya bin Said Al-Qathan, Ahmad bin Hanbal, Yahya bin Ma'in, Ali bin Al-Madiniy.



0 komentar:

Posting Komentar