Dzikir dalam bentuk pujian | Astaghfirulllah

Temen-temen, beberapa hari yang lalu sedikit ulasan berdzikir sempat di bahas. Dimana kita umat islam mempunyai warisan yang sangat berharga yaitu berdzikir. Berikut salah satu dzikir dalam bentuk pujian kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dengan uraian tentang bagaimana Rasullullah saw melaksanakannya dan berapa jumlahnya. InsyaAllah hati dan jiwa kita terbuka untuk dapat melaksanakannya

Astaghfirulllah
Banyak ayat-ayat suci dalam Al Quran yang menyampaikan keutamaan memohon ampunan dari Allah dengan mengucapkan kalimat istighfar, diantaranya :

“Maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, -sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun” (QS 71:10)

Sedangkan salah satu Hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam :
“Barangsiapa membiasakan istighfar, maka Alllah akan jadikan baginya jalan keluar dari setiap kesempitan dan penyelesaian dari setiap kesusahan serta akan diberikan kepadanya rizki dari jalan yang tidak pernah ia sangka-sangka” ( HR Abu Daud dan Ibnu Majah)

Adapun jumlahnya berdasarkan riwayat, dikatakan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam memohon ampunan kepada Allah (istighfar) lebih dari 100x dalam sehari atau sama dengan sekitar 5 menit sehari! Dari buku lain yang aku baca “160 kebiasaan Nabi Muhammad-tulisan Abduh Zulfidar Akaha” disampaikan bahwa paling tidak kebiasaan Rasul membaca istighfar 3x sehabis sholat dan 70x hingga 100x setiap hari.

"Adalah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam apabila selesai dari sholatnya, beliau istighfar (meminta ampun) tiga kali dan beliau membaca : "Allahumma Antas salam wa minkas Salam tabarakta ya dzal Jalali wal Ikram" (Wahai Allah Engkau adalah As-Salam dan dari-Mulah keselamatan. Maha berkah Engkau wahai Pemilik Al-Jalal (keagungan) dan Al-Ikram (kemuliaan). (HS. Muslim)

Abu Hurairah Radiallahu 'anhu meriwayatkan bahwa dia mendengar Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda

“Demi Allah, sesungguhnya aku memohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepadaNya lebih dari tujuh puluh kali dalam sehari ( HR Al Bukhari)


Namun harus kita pahami yang sedikit dan berkelanjutan adalah lebih baik dari yang banyak tapi tidak menjadi kebiasaan. Sedangkan pahala istighfar telah Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam dalam haditsnya:

“Beruntunglah orang-orang dalam catatannya di akhirat kelak terdapat banyak istighfar (HR Ibnu Majah)

0 komentar:

Posting Komentar