Dzikir dalam bentuk pujian | Subhanallah

Subhanallah adalah salah satu bentuk pujian lainnya yang biasa disebut bertasbih atau Tanzi. Tasbih artinya mensucikan Allah dari segala cela dan kekurangan, mensucikan keagungan dan kekuasaanNya.h

Adapun zikir yang dimaksud di atas termasuk dari al-Baqiyatush shalihat (amalan-amalan yang kekal lagi shalih), sebagaimana diriwayatkan dalam hadits shahih, betapa agung, sempurna dan mulianya pujian Allah terhadap dzikir yang disebut sebagai al-Baqiyatush shalihat. Allah swt berfirman :

“Dan amalan-amalan yang kekal lagi shalih adalah lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.” (QS 18 Al Kahfi :46)

Dalam hadits Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam :

“Aku berjumpa dengan Ibrahim as pada malam aku di isra`kan. Ia berkata kepadaku, ‘Wahai Muhammad, sampaikanlah salamku kepada umatmu. Beritahulah kepada mereka bahwa surga tanahnya sangat subur, airnya sangat jernih dan tanaman-tanamannya adalah subhanallah walhamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akbar’.”

Pahala Tasbih diterangkan dalam sabda Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam :

“Tidak adakah diantara kalian yang mampu untuk melakukan seribu kebaikan dalam satu hari? “Kami berkata,”Bagaimanakah itu wahai Rasulullah? “ Rasulullah saw bersabda, “bertasbihlah seratus kali makan akan ditulis bagi orang-orang yang melakukannya seribu kebaikan ataupun akan diampuni seribu keburukan darinya” (HR Muslim dan Tirdmidzi)

Tergiurkah mendapat seribu kebaikan hanya dengan seratus tasbih? InsyaAllah apa yang aku tuliskan bisa aku amalkan dan temen-temen yang baca juga mendapatkan manfaatnya untuk selanjutnya mengamalkannya..amien

0 komentar:

Posting Komentar