Tips bangun malam

Assalamualaykum warrahmatullahi wabbarakatuh

InsyaAllah berguna buatku dan semua yang baca tulisan ini. Beberapa waktu yang lalu membaca buku tulisan Amru Khalid dan di situ ada beberapa tips bangun malam untuk melakukan sholat tahajud. Mungkin bisa berguna untuk diterapkan :

1. Kurangi makan dan minum 
Seorang ahli ibadah pernah mengatakan “Wahai para ahli ibadah, jangan terlalu banyak makan! Kalau banyak makan akan banyak minum, banyak tidur, banyak melanggar hal-hal yang dilarang, banyak merugi dan banyak menyesal ketika ajal datang menjemput”

2. Jangan memforsir tenaga di siang hari
Hal lain yang membantu kita untuk mudah bangun dan shalat di tengah malam adalaha dengan tidak memforsir tenaga untuk pekerjaan-pekerjaan yang berat di waktu siang. Memang, kita tidak mungkin dihadapkan pada pekerjaan yang ringan-ringan saja. Namun demikian, sebisa mungkn kita sisihkan waktu guna beristirahat sejenak.

3. Jangan bermuat kemaksiatan kepada Allah
Ini point penting terpenting, seorang tabi’in pernah mengatakan “jangan bermaksiat kepada Allah di siang hari, pasti kalian bisa bangun di malam hari!” tentu dengan niat pula. 

4. Hendaknya dilakukan secara bertahap dan diniatkan
Jangan sampai semangat hanya sementara. Karena setan tidak pernah berhenti untuk menggoda kita. Oleh karena itu, mulailah lebih dulu dengan membiasakan diri shalat dua rakaat sebelum tidur, secara konsisten selama satu bulan. Upayakan agar tidak seharipun meninggalkannya. Barulah kemudian di tambah lagi dan begitu seterusnya.

Aku termasuk orang yang belum bisa rutin setiap malam untuk melakukan sholat malam, mungkin karena kurang giat untuk membiasakan. Teringat jika membaca point 3, ketka pagi hari tiba dan sadar telah melewatkan malam untuk bertahajud, aku mulai berfikir hmm…kemaksiatan apa yang telah aku lakukan kemarin? Teringat berbagai kemaksiatan yang mungkin sempat dilakukan terlintas di kepala : ntah itu menunda waktu sholat, ntah bergosip ria, menyalahkan orang lain..dsbnya. Astaghfirullah.

Dari cerita terpisah pernah Sufyan ats Tsauri berkata “ aku tidak bisa bangun malam selama lima bulan karena suatu dosa yang aku lakukan”, ketika ditanya dosa apakah itu?” ia pun menjawab “ sekali waktu aku melihat seoarang laki-laki menangis dalam sholatnya dan aku mengatakan bahwa laki-laku itu hanya berbuat riya”

“Sesungguhnya agama ini keras, maka masuklah ke dalammnya dengan lembut” (HR Baihaqi)


Semoga dengan proses pembiasaan kita yang lemah akan menjadi manusia yang kuat dan perkasa





0 komentar:

Posting Komentar