program kegiatan menghadapi Ramadhan

Ide sudah ada, langkah untuk menuliskan belum tertuangkan, alhamdulilah ada sedikit cahaya menuntun untuk segera menuliskan dan menjadi pedoman menghadapi bulan Ramadhan yang sebentar lagi tiba.

Niat hati membuat program kegiatan selama persiapan puasa Ramadhan yaitu di bulan Sya'ban yang tidak terasa sudah berlalu 10 hari pertama dan program kegiatan selama Ramadhan. 

Berikut beberapa program yang di susun walau belum yakin apakah bisa dilaksanakan semaunya. Ingat nasehat seseorang bahwa semua tergantung niatnya ...bener juga sih 

Program besar di bulan Sya'ban 

  1. Membaca setengah juz sehari di awal Sya’ban, dan satu juz sehari di separuh Sya’ban kedua.
  2. Melaksanakan qiyamullail dua rekaat dan satu witir.
  3. Bersedekah dua kali dalam satu pekan, dengan nilai tertentu.
  4. Memberi makan fakir-miskin sekali dalam sepekan, sesuai kemampuan.
  5. Membiasakan shaum Senin dan Kamis dan puasa di hari tasyrik 13,14,15 bulan Hijriyah
  6. Mengikuti dan mengantarkan jenazah setiap satu pekan.
  7. Menjaga dzikir selesai shalat dan dzikir pagi dan petang.
  8. Memelihara shalat lima waktu berjama’ah di masjid.
  9. Melaksanakan shalat sunnah rawatib yang mu’akkad (sangat dianjurkan), seperti, dua rakaat sebelum fajar, dua rakaat ditambah dua rakaat sebelum Zhuhur, dua rakaat setelah Zhuhur, dua rakaat setelah Maghrib, dua rakaat setelah Isya’.

Program di bulan Ramadhanpun belum sempurna dipikirkan, namun yang pasti seperti yang dituliskan di editorial dakwatuna.com disampaikan bahwa 20 hari pertama Ramadhan adalah kesempatan menghimpun keta’atan dan pensucian jiwa dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban dan fadhoilul a’mal. 10 hari akhir Ramadhan adalah kesempatan berlipat bagi yang merasa kehilangan keutamaan 20 hari pertama Ramadhan sebelumnya. Allah menjadikan 10 hari akhir Ramadhan ini bak minyak kesturi perpisahan, lebih khusus lagi dengan hadiah lailatul qadar. Malam yang lebih baik dari 83 tahun beberapa bulan dalam sejarah manusia.

para pembaca silahkan tambahkan ya :)

0 komentar:

Posting Komentar