membaca Ayat Al Qur'an

Walau pernah disebutkan membaca Al Qur'an sebagai amalan sunnah yang dianjurkan, sepertinya sudah selayaknya aku berusaha menjadikannya kewajiban (sunnah yang utama). Paling tidak seperti yang pernah di nasihatkan minimal 100 ayat sehari. Jika aku membacanya 15 ayat setiap habis sholat, minimal ba'da Shubuh, Dhuha, Dzuhur, Ashar, Maghrib, Isya, Witir, Tahajud. Sepertinya sudah 120 ayat yang aku baca. InsyaAllah aku bisa menjalankannya, maklum sholat witir dan tahajud belum menjadi rutinitas yang aku lakukan (masih bolong bolong seperti Dhuha)

Diriwayatkan membaca surat Munjiyat dalam setiap hari adalah utama. Surat Munjiyat yang di maksud adalah Surat As-Sajdah, Surat Yaasiin, Surat Fushshilat, Surat Ad-Dukhan, Surat Waqi'ah. Surat Al-Hasyr dan Surat Al-Mulk.

Dianjurkan juga pada waktu pafi dan sore hari untuk membaca ayat dan surat berikut sebanyak 3 kali :
- beberapa ayat dari permulaan surat Al-Hadid
- beberapa ayat dari terakhir surat Al-Hasyr
- Surat Al-Ikhlas
- Surat Al-Mu'awwidzatain (Al Falaq dan An Naas)

diambil dari kitab Nashaihul Ibad

0 komentar:

Posting Komentar